MAKALAH
5 PENGUSAHA TERSUKSES DI INDONESIA
DISUSUN OLEH:
MUHAMMAD RIZKI ADIYANTO 57214511
NUR HUDA FAUZAN 58214166
PRIHASTUTI SETYORINI 58214514
KELAS: 2DF01
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Penulisan makalah ini merupakan salah satu kewajiban yang harus ditempuh oleh mahasiswa Universitas Gunadarma. Selain itu, diharapkan kegiatan penulisan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang cara mengembangkan usaha dan kiat-kiat sukses dari pengusaha dalam menjalankan usahanya.
Berwirausaha sekarang ini sudah semakin maju dan tersebar luas, banyak usaha-usaha yang membantu perekonomian seluruh lapisan masyarakat.
Dalam hal ini kami akan membuat judul 5 Pengusaha Tesukses di Indonesia. Dalam penulisan ini memberikan motivasi untuk lebih kreatif dan lain-lain.
1. Reza “Axl29” Nurhilman
a. Biografi Reza “Axl29” Nurhilman
Biodata Owner Maicih :
Nama : Reza Nurhilman
Tempat Lahir : Bandung
Tanggal Lahir : 29 September 1987
Pendidikan Terakhir : Manajemen Universitas Kristen Maranatha
Profil Produk :
1. Keripik singkong pedas ( level 3,5,10)
2. Baso Goreng
3. Gurilem
4. Seblak
Profil Bisnis :
Dengan Tagline : “ For Ichiher With Love “ maicih ingin tampul dekat dengan para penggemarnya, selalu memanjakan penggemarnya di seantero nusantara dengan cita rasa yang berkualitas.
Awal Usaha :
· Dimulai pada pertengahan 2010
· Dengan modal 15 juta
· Produksi 50 bungkus per hari
· Varian awal yang keluar keripik dan gurilem
· Memproduksi level 1 sampai level 5
· Dipasarkan dengan cara keliling
Maicih Masa Kini :
· Membuat varian sampai level 10
· Demand konsumen sangat tinggi
· Kapasitas produksi hingga kini 2000 bungkus / hari
· Omset per bulan 800 – 900 Juta ( ± 30 jt / day )
· Memiliki 20-an jenderal as a marketer
· Pemasaran di Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya, dll melalui jenderal
· Pegawai Produksi yang dimiliki 30-an
Reza “Axl” Nurhilman adalah anak ketiga dari 3 bersaudara. Sejak kecil, beliau dibesarkan di Kota Cimahi bersama orangtua angkatnya sampai duduk di bangku SMP. Reza yang dijuluki Presiden Maicih ini tidak memiliki figur seorang ayah dan hanya ibu sebagai tulang punggung keluarga untuk mecukupi kebutuhan 3 orang anaknya. Masa SMA adalah merupakan masa-masa bersejarah untuk Reza. Munculnya nama Axl yang diawali karena kecintaannya terhadap vokalis Guns ‘n Roses dan proses pencarian jati diri merupakan tahapan Reza dalam memasuki ‘kerasnya’ pergaulan, hingga proses mengubah sikap menjadi sosok yang memiliki visi yang besar dan impian yang tinggi. Proses perubahan 180 derajat ini menjadi titik jatuh bangunnya Reza selama empat tahun (2005-2009) untuk menuju impian dan kesuksesan yang diraihnya. Pada tahun 2010 usaha Reza melalui makanan kampung “Maicih” menjadi jalan yang diberikan atas jerih payah dan perjuangannya. Setahun setelahnya, impian-impian Reza mulai terwujud satu demi satu.
Berbagai penghargaan Reza dapat dari berbagai institusi atas pencapaian pemuda berusia 26 tahun ini. Hingga sekarang, Reza sibuk memberikan pelatihan-pelatihan untuk menginspirasi anak-anak muda dan mencetak jutawan-jutawan baru dalam meraih impian demi orang-orang yang dikasihi dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, Reza pun kerap tampil sebagai pembicara di berbagai kampus di Jakarta dan Jawa Barat, menjadi wakil dari budaya lokal dalam acara-acara tertentu. Reza juga belasan kali diliput atau jadi pembicara di media cetak (majalah dan koran) maupun elektronik di sejumlah tv dan radio di tanah air.
Saat ini, selain terus membangun PT. Maicih Inti Sinergi dengan ekspansi usaha ke bidang properti (Maicih Property), Reza pun membentuk AXLent Academy dengan tetap menjalankan Icihers Magazine, dan terakhir adalah penerbitan buku Revolusi Pedas yang dilaunching di Blitz Megaplex Grand Indonesia, Jakarta pada tanggal 29 Juni 2012 yang lalu.
Yang menarik dari selain dari segi pengemasan makanan tradisional Jawa Barat tersebut, Reza Nurhilman menamai susunan manajerial perusahaan Maicih dengan sebutan yang tidak lazim umumnya digunakan oleh perusahaan umum lainnya. Yaitu penamaan ‘Menteri’ bagi masing-masing kepala divisi yang membantu dalam perusahaannya serta penamaan ‘Jenderal’ untuk bagian penjualan yang merupakan jenis penjualan langsung tanpa outlet.
b. Sejarah dan Perkembangan Maicih
Belum genap setahun, ‘keripik setan’ bermerek Maicih menjadi ikon jajanan yang fenomenal di Bandung. Hingga saat ini, banyak orang yang penasaran akan cemilan pedas tersebut. Pada awalnya, Reza menemukan resep keripik dari seorang nenek-nenek. Reza bertemu sosok emak-emak (Nenek-nenek) yang memang mempunyai resep keripik lada atau keripik setan yang rasanya enak. Sosok emak-emak tersebut bukan bernama Maicih. Reza sendiri membuat nama tersebut agar lebih nyeleneh dan mudah diingat orang. Sosok emak-emak ini identik dengan ke-icihan karena selalu pakai ciput. Nama aslinya bukan Mak Icih, sehingga biar nyeleneh saja jadi diberi nama Maicih. Menurut Reza, Emak tersebut tidak menjual keripik setannya secara komersil. Keripik hanya diproduksi saat momen-momen tertentu saja.
Kemudian Reza memulai usaha keripik pedas Maicih ini bekerja sama dengan produsen keripik pedas di Kota Cimahi pada pertengahan 2010 dengan modal 15 juta dan produksi 50 bungkus per hari. Varian awalnya hanya keripik dan gurilem yang diproduksi dari level 1 sampai dengan level 5 dan dipasarkan dengan cara berkeliling dan memanfaatkan akun sosial media secara word of mouth dengan hashtag #maicih.
Pada awal tahun 2011, industri rumah tangga ini diresmikan secara resmi dengan nama CV. 29 Synergi. Perusahaan ini kemuddian meraih kesuksesan dan mulai dikenal masyarakat dengan merek dagang ‘Maicih’ pada Februari2011 dan diliput oleh salah satu acara di Trans TV di program Realita Bingkai Berita. Reza Nurhilman bersama tim menggunakan akun Twitter official dari perusahaan @infomaicih sebagai senjata utama pemasaran mereka.
Kemudian PT. Maicih Inti Sinergi memisahkan diri dari produsen awal dan memiliki pabrik sendiri setelah permintaan semakin meningkat yang resmi didirikan pada tahun 2011 dengan Reza Nurhilman sebagai Komisaris. Untuk menghindari pemalsuan produk, Logo ‘Maicih’ mulai dipatenkan hak ciptanya. Produk Maicih dari PT. Maicih Inti Sinergi adalah : Keripik pedas level 3, keripik pedas level 5, keripik pedas level 10, baso goreng (basreng), gurilem, seblak pedas original, dan seblak keju pedas. Produk Maicih dari PT. Maicih Inti Sinergi yang resmi hanya bisa didapatkan di Jendral dan Tim Jendral yang tercantum di twitter @infomaicih.
Adapun susunan manajerial PT. Maicih Inti Sinergi adalah: Presiden, Menteri Pangan, menteri Perhubungan, Menteri SDM, dua Menteri Menkominfo, dan Menteri Keuangan. Sedangkan total jenderal yang ada saat ini adalah sebanyak 144 orang, terbagi menjadi 4 kategori jenderal, yaitu: Jenderal Sepuh, Jenderal Batch 1, Jenderal Batch 2, dan Jenderal Batch 3.
Selain memproduksi dan menjual produk-produk Maicih, PT. Maicih Inti Sinergi pun melakukan kegiatan-kegiatan bersama konsumennya. Di antaranya: Meet & Greet Presiden Maicih, Grand Lauching buku Revolusi Pedas karya Reza Nurhilman, penerbitan Icihers Magazine, dan lain sebagainya.
Pencapaian Maicih saat ini adalah telah membuat varian produk keripik pedas hingga level 10, permintaan konsumen sangat tinggi dengan kapasitas produksi hingga kini 2000 bungkus per hari, omzet dari perbelanjaan keripik yang dilakukan oleh para jenderal yang mencapai 7 miliar per bulan, dan pemasaran yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.
Selain itu, salah satu yang membuat unik dari Maicih adalah sebutan atau istilah yang dilemparkan manajemen Maicih ketika berkomunikasi dengan para calon konsumen dan pelanggannya melalui twitter. Ada “Emak” (nenek) untuk pembuat keripik Maicih dan “Cucu” untuk konsumennya. Kemudian, ada “Jenderal” untuk reseller-nya, “Icihers” untuk sebutan gaul penggemar Maicih, “Republik Maicih” untuk manajemen, hingga istilah “tericih-icih” untuk menggambarkan ketagihan akan pedasnya Maicih.
Dengan Tagline: “For Ichihers With Love“, Maicih ingin tampil dekat dengan para penggemarnya, selalu memanjakan penggemarnya di seantero nusantara dengan cita rasa yang berkualitas. Proses pemasaran produk ini pun berbeda dengan kudapan unik kota Bandung lainnya. Calon pelanggan hanya bisa mengetahui di mana Maicih berjualan tiap harinya melalui situs microblogging twitter. Tiap hari @InfoMaicih akan memberi kabar di mana produk Maicih bisa didapatkan. Tim pemasaran Maicih yang disebut sebagai Jenderal, akan menjual produk Maicih di lokasi-lokasi tertentu. Mulai dari kampus, kantor, atau tempat keramaian lainnya. Mereka selalu mobile sesuai posisi para jenderal. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti mendongkrak nama Maicih di jagat twitter sebab banyak yang penasaran seperti apa produk Maicih karena membaca kicauan pengguna twitter mengenai Maicih ini yang berseliweran tiap saat.
Harapan ke depan dari Reza, bahwa pemasaran Maicih tidak hanya nasional, tetapi go international. Sejauh ini baru Singapura dan Jepang melalui sistem pengiriman dengan jenderal para TKI di sana.
c. Analisis Gaya Entrepreneurship Reza Nurhilman
Kerja keras dan inovasinya yang luar biasa menjadikan produknya sangat fenomenal di Indonesia. Pasar marketing yang dibidikpun unik dan inovatif, mengikuti perkembangan zaman yang memanfaatkan jejaring sosial twitter untuk media informasi keberadaan produknya. Reza mengetahui betul bagaimana cara mengemas dan memasarkan produk yang sebetulnya umum di masyarakat agar lebih bernilai dan kemudian dinikmati banyak orang. Sesuai dengan apa dikemukakan oleh Hendro dan Chandra dalam bukunya Be a Smart and Good Entrepreneur (2006, p. 21) mengenai wirausahawan, Reza menggunakan segala pengetahuan, kemampuan, pengalaman, jaringan, informasi yang didapat, sumber–sumber yang ada (uang, bakat, lingkungan, keluarga, dan lain–lain), waktu, masa depan, dan kesempatan. Meskipun usianya baru berumur 26 tahun, namun dia mampu memaksimalkan sumber daya yang dimilikinya, sebagaimana motto dalam judul bukunya: sikap, keyakinan, dan totalitas. Motto tersebut dia maksudkan adalah bahwa dia berharap kepercayaan pelanggan terjaga dan kekompakan tim pemasaran tetap berlangsung. Loyalitas terhadap keripik Maicih ini mendorong mereka membentuk satu komunitas yang bernama Icihers.
Kunci sukses pada bisnis yang dilakukan Reza adalah terletak pada bagaimana cara dia berpikir “out of the box”. Hal ini ternyata ampuh dilakukannya terbukti dengan usaha yang dia jalani sekarang sangat menjadi bahan perbincangan di kalangan anak muda. Orang penasaran ingin mencoba apa itu maicih, yang digembar-gemborkan orang di twitter dan facebook. Reza sengaja membuat produknya eksklusif agar orang penasaran. Dia tidak membuka toko seperti layaknya kebanyakan penjual, namun dijual dengan memanfaatkan media twitter sebagai informasi lokasi di mana para Jenderal (agen) Maicih menjajakan dagangannya. Melalui jaringan kekerabatan, Reza mencoba menciptakan isu atau word of mouth (WOM). Salah satunya, dengan tingkat kepedasan keripik Maicih tersebut. Reza sukses karena berkat ketekunan dan keyakinannya mengenai bisnis yang dia jalankan.
Dalam proses penerimaan para jenderal sebagai agen penjualan Maicih, Reza dan rekan-rekan manajemennya pun tidak sembarangan dan melalui proses seleksi yang ketat. Reza dan manajemen Maicih berhasil membangun misi menciptakan gengsi profesi seorang jenderal yaitu dengan membuat batch untuk tiap-tiap pembelian yang dilakukan oleh para jenderal. Untuk batch pertama, nilai pembelanjaan para jendral minimal Rp5 juta per minggunya. Batch dua, nilai pembelanjaan produk Maicih minimal Rp10 juta per minggunya. Sementara batch tiga, kategori baru, nilai pembelanjaan minimal Rp100 juta per minggunya. Para jenderal pun dibebaskan untuk berinovasi dalam memasarkan produk Maicih. Selain itu, calon jenderal harus diwawancara di Bandung kemudian lulus Akademi Jenderal Maicih (Axl Academy) yang diisi dengan materi seputar team work, inovasi, character building, dansoft skill lainnya. hasilnya, banyak para jenderal sesuai dengan areanya masing-masing melakukan banyak inovasi dalam proses penjualan Maicih yang kemudian mendongkrak penjualan Maicih. Dari gambaran mengenai proses para jenderal tersebut, dapat kita lihat pemikiran “out of the box” Reza dalam bidang pemberdayaan sumber daya manusia yang lain dari pada yang lain. Reza tidak hanya melihat bahwa yang terpenting adalah penjualan Maicih yang signifikan, tetapi juga kualitas sumber daya manusia-nya pun harus ditingkatkan.
Keberhasilan Reza dalam membangun brand Maicih kemudian turut menciptakan banyak kompetitor dengan varian dan level keripik yang sama. Reza beserta manajemen kemudian melakukan inovasi baru yakni menciptakan varian baru Maicih dan re-packaging kemasan. Selain itu, Republik Maicih jauh lebih agresif menjadi pembicara di acara seminar atauworkshop, menjadi narasumber di media elektronik, cetak, maupun online, hingga menggelar program corporate social responsibility. Bahkan, untuk menunjukkan bahwa Maicih adalah sang pionir, Republik Maicih sengaja memasang reklame Maicih di papanbillboard akbar di wilayah Bandung. Selain itu juga, dalam waktu dekat Republik Maicih akan mengeluarkan merchandise dan wardrobe Maicih karena ambisi Reza menjadikan Maicih sebagai jajanan khas Bandung.
Kondisi masa lalu Reza sesuai dengan teori Wirausaha Kirznerian, di mana ada unsur ekonomi, sosiologi, psikologi, dan perilaku berdasarkan pengalaman masa lalu dan kondisinya saat itu. Kondisi Reza pasca SMA yang bekerja serabutan pun menjadi faktor seseorang memliki motif wirausaha. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Hendro & Chandra W.W (2006, p103-106), yakni ada beberapa aspek yang mempengaruhi keinginan seseorang untuk memilih jalur wirausaha sebagai jalan hidupnya, salah satunya, merupakan pengaruh pengalaman hidup dari kecil hingga dewasa, baik oleh lingkungan ataupun keluarga.
Jiwa wirausaha yang tidak hanya menciptakan kesejahteraan bagi dirinya tapi juga lingkungan sekitarnya, dijalankan oleh Reza dan Republik Maicih yakni bekerja sama dengan warga setempat di sebuah kampong di Bandung, Jawa Barat untuk memproduksi Maicih. Hasilnya, warga merasakan perubahan yang signifikan dan taraf hidup yang lebih baik karena jika dulu penjualan sehari hanya 100 buah, sekarang setelah bermitra, penjualan sehari dapat mencapai 2.000 buah.
Tidak berhenti di sana saja, Reza juga menulis sebuah buku berjudul “Revolusi Pedas Sang Presiden Maicih”. Melalui buku tersebut, Reza ingin mengubah paradigma seseorang dalam mencapai kesuksesan. Dia ingin menginspirasi semua anak muda Indonesia untuk berjuang meraih impian. Hal tersebut tidak bisa dilepas dari kondisi dulu keluarga Reza yang merupakan bungsu dari tiga bersaudara di mana hingga SMP, Reza dibesarkan oleh orangtua angkatnya di Cimahi. Reza tidak memiliki figur seorang ayah dan hanya ibu sebagai tulang punggung keluarga untuk mencukupi kebutuhan tiga orang anaknya. Masa-masa mencari jati diri semasa SMA-lah yang mengubahnya menjadi sosok yang memiliki visi yang besar dan impian yang tinggi.
Strategi Pemasaran
Ini merupakan titik berhasilnya maicih dimana dilakukan dengan strategi pemasaran yang out of the box. Axl memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini yaitu dengan media twitter dan Facebook. Axl sengaja membuatn produknya eksklusif agar orang penasaran. Dia tidak membuka toko seperti layaknya kebanyakan penjual, namun dijual dengan memanfaatkan media twitter sebagai informasi lokasi dimana para Jenderal ( agen ) maicih mangkal menjajakan dagangannya
Ini merupakan titik berhasilnya maicih dimana dilakukan dengan strategi pemasaran yang out of the box. Axl memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini yaitu dengan media twitter dan Facebook. Axl sengaja membuatn produknya eksklusif agar orang penasaran. Dia tidak membuka toko seperti layaknya kebanyakan penjual, namun dijual dengan memanfaatkan media twitter sebagai informasi lokasi dimana para Jenderal ( agen ) maicih mangkal menjajakan dagangannya
Pemasaran produk ini berbeda dengan kudapan unik kota Bandung lainnya. Calon pelanggan hanya bisa mengetahui dimana Maicih gentayangan tiap harinya melalui situs microblogging Twitter. Tiap hari @InfoMaicih akan memberi kabar di mana produk Maicih bisa didapatkan. Tim pemasaran Maicih yang disebut sebagai Jenderal, akan menjual produk Maicih di lokasi-lokasi tertentu. Mulai dari kampus, kantor atau tempat keramaian lainnya. Pendek kata, tak ada yang abadi sebagai tempat membeli produk Maicih. Mereka selalu mobile sesuai posisi para jenderal. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti mendongkrak nama Maicih di jagat twitter. Banyak yang penasaran seperti apa produk Maicih gara-gara membaca kicauan pengguna Twitter yang bersliweran tiap saat. Dan biasanya mereka yang sudah merasakan kripik setan Maicih pastinya bakal tericih-icih alias kepedasan.
Yang membuat pemasaran produk ini berbeda dengan produk produk lainnya
Twitter Ma Icih. Hanya dengan berkampanye lewat social media twitter, Maicih, merek keripik pedas asal Bandung, berhasil menaklukkan hati para Icihers. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang ingin naik kelas menjadi “Jendral” Maicih. Efeknya, baru satu setengah tahun, omzet Maicih menembus Rp 7 miliar per bulan
Twitter Ma Icih. Hanya dengan berkampanye lewat social media twitter, Maicih, merek keripik pedas asal Bandung, berhasil menaklukkan hati para Icihers. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang ingin naik kelas menjadi “Jendral” Maicih. Efeknya, baru satu setengah tahun, omzet Maicih menembus Rp 7 miliar per bulan
Hasil Pemasaran dari kripik “MAICHI”
Produk Maicih hasil kerja sama Reza (pemilik keripik “MAICIH”) dan kawan-kawan bersama warga setempat. Penduduk di sebuah kampung di Bandung, Jawa Barat, membuat kripik ini dibantu sejumlah orang. Ibu Ade, ditunjuk Reza menjadi mitra produksi rumahan maicih. Mereka mencari cara bagaimana mengemas jajaran kampung yang tradisional ini agar bisa naik kelas. Berkat pemasaran yang dikemas secara professional dengan metode gentayangan dimana pembeli yang mencari keripik, Ibu Ade merasakan perubahan yang signifikan. Penjualan yang dahulu hanya 100 biji tapi setelah sekarang sudah bermitra dengan maicih, sehari sekarang mencapai 2.000 per bungkus. Dalam sebulan omzet yang dikantongi bisa mencapai Rp 800 juta sampai Rp 900 juta. Di mana sehari saja, bisa mencapai keuntungan Rp 30 juta.
2. Sukyatno Nugroho
a. Biografi Sukyatno Nugroho
Nama : Hoo Tjoe Kiat
Tanggal lahir : 3 Agustus 1948
Kota kelahiran : Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Pendidikan akhir : SMP
Sukyatno Nugroho (atau Hoo Tjioe Kiat; lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 3 Agustus 1948 meninggal di Jakarta, 9 Desember 2007 pada umur 59 tahun) adalah wiraswastawan, pendiri dan Presiden Komisaris Grup Es Teler 77.
Tanggal lahir : 3 Agustus 1948
Kota kelahiran : Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Pendidikan akhir : SMP
Sukyatno Nugroho (atau Hoo Tjioe Kiat; lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 3 Agustus 1948 meninggal di Jakarta, 9 Desember 2007 pada umur 59 tahun) adalah wiraswastawan, pendiri dan Presiden Komisaris Grup Es Teler 77.
Meskipun hanya lulus SLTP, ia orang yang gigih. Usaha penjualan es telernya bermula dari usaha kecil-kecilan menggunakan resep dari ibu mertuanya. Salah satu mottonya adalah "Kalau perlu, saya akan bekerja 76 jam sehari untuk bisnis ini." Ia menjadi salah satu ikon waralaba lokal Indonesia.
Sejarah pengusaha sukses ini ketika berumur enam tahun ibunya harus meninggalkan dirinya untuk selama-lamanya. Semasa duduk di bangku sekolah, tokoh pengusaha sukses ini dikenal sebagai anak yang tidak begitu sukses dengan nilai pelajaran. Buktinya ia dua kali tidak naik kelas. Jikapun ia naik kelas, ia biasanya ia biasanya menduduki peringkat kelas ke 40-an diantara 50 siswa yang ada. Beranjak remaja, beliau bersekolah di sebuah SMA. Namun sangat disesalkan , ia mengenyam pendidikan di bangku SMA hanya tiga bulan saja. Maka, melihat kondisi seperti ini, ayahnya memutuskan untuk mengirimnya ke Jakarta tinggal bersama sang paman. Alih-alih untuk melanjutkan sekolah, malah di Jakarta beliau diajarkan cara berdagang oleh sang paman.
Mungkin karena keterbatasan pendidikan, ia pun tidak memilih dalam melaksanakan usaha. Apa saja ia lakukan untuk bertahan hidup. Terkadng sejarah pengusaha sukses memang dilalui dengan berbagai rintangan dan cobaan. Para pengusaha sukses tersebut mengajarkan kepada kita akan pentingnya perjuangan dan sikap untuk berusaha keras untuk menaklukan kehidupan ini. Untuk lebih jelasnya marilah kita ikuti kisah perjalanan pengusaha sukses berikut ini.
Sukyatno dikenal sebagai orang yang eksentrik, penuh ide aneh, dan filantropis. Untuk yang terakhir ini ia memiliki Yayasan Perjalanan Mencerdaskan Bangsa demi merealisasi gagasannya bagi kegiatan untuk anak-anak, remaja, dan kelompok terpinggirkan. Ia selalu berupaya menyajikan yang "paling dan pertama". Beberapa kegiatan eksentrik yang dilakukan adalah acara melukis di atas kanvas "paling panjang di dunia", 1.100 meter di Pantai Mutiara, Jakarta, lomba melukis di batu sebagai jawaban atas tawuran anak sekolah yang saling melempar batu, lomba seni dari barang bekas, lomba melukis layang-layang, lomba melukis di hutan, festival melukis di dasar danau kering Telaga Prigi (Jawa Tengah), serta kompetisi melukis untuk kaum tunanetra.
Ia dianugerahi beberapa penghargaan penting, seperti The Best Asean Executive Award dan Satya Lencana Pembangunan (1995). Berkali-kali namanya dicatat oleh Museum Rekor Indonesia. Ia juga menulis buku 18 Jurus Sakti Dewa Mabuk Membangun Bisnis. Sukyatno meninggal dunia dalam penerbangan menuju Singapura setelah mendapat serangan stroke yang ketiga kalinya.
b. Sejarah dan Perkembangan Es Teler 77
Pada awalnya, ES TELER 77 hanyalah sebuah kantin kecil yang dibuka di sebuah tenda di pelataran gedung pertokoan Duta Merlin di Jakarta. Kantin tersebut hanya memiliki lima karyawan tetap. Sering kali kantin tersebut harus ditutup akibat banjir yang terjadi pada saat-saat hujan lebat. Usaha kecil ini berjalan dengan cukup baik, tetapi sebagai pedagang kecil ES TELER 77 sering kali diperlakukan tidak adil oleh pihak manajemen gedung. Suatu saat pihak manajemen gedung menaikan harga sewa sampai tiga kali lipat tanpa alasan yang jelas. Tentunya ES TELER 77 yang hanya sebagai kantin kecil tidak bisa berbuat banyak, akhirnya kantin tersebut harus ditutup dalam waktu singkat yang diberikan oleh pihak manajemen gedung.
Kejadian tersebut tidak membuat Ibu Murniati putus asa. Dengan bantuan suaminya dan juga putra-putrinya mereka membuka satu lagi ES TELER 77 yang lebih baik dan lebih besar. Cabang ES TELER 77 ini dibuka di Jalan Pembangunan 1, di sebelah gedung pertokoan Gajah Mada Plaza. Di lokasi ini bisnis ES TELER 77 ini berkembang dengan pesat dan merek ES TELER 77 menjadi lebih dikenal.
Setelah beberapa tahun kemudian Ibu Murniati Widjaja dan keluarganya mendirikan badan usaha swasta bernama CV ES TELER 77 yang kemudian menjadi dasar bisnis keluarga ini. Perusahaan ini dipimpin oleh Bapak Trisno Budijanto dan dikelolah oleh putra-putrinya. Perusahaan ini kemudian berkembang dengan membuka beberapa cabang ES TELER 77 lainnya di wilayah Jakarta. Meskipun demikian ES TELER 77 sebagai produk lokal Indonesia seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak adil oleh pihak pemilik tempat atau manajemen gedung yang seringkali lebih mementingkan perusahaan dengan merek-merek asing. Tetapi perusahaan ES TELER 77 tidak pernah menyerah. Sebaliknya mereka lebih bersemangat lagi setiap kali mereka harus menutup salah satu restorannya. Mereka bertekad untuk membuka lima cabang baru ES TELER 77 setiap kali mereka harus menutup satu cabang ES TELER 77. Dengan komitmen ini timbul ide untuk menggunakan sistem waralaba atau franchise untuk memperluas jaringan usaha ini.
Pada tahun 1987, cabang ES TELER 77 pertama yang dibuka oleh seorang franchisee atau mitra kerja dibuka di Solo, Jawa Tengah. Sejak itu banyak anggota masyarakat dari berbagai kalangan yang tertarik untuk membuka ES TELER 77. Dengan menggunakan sistem franchise ini banyak outlet-outlet baru ES TELER 77 yang dibuka di kota-kota seluruh Indonesia. Sampai di Banda Aceh maupun Sampit pun ES TELER 77 sudah pernah dibuka. Perkembangan ini tentunya tidak mudah tercapai dan banyak hal-hal yang harus dipelajari oleh tim manajemen ES TELER 77. Untungnya, tim manajemen ES TELER 77 yang dipimpin oleh Bapak Sukyatno Nugroho, mantu tertua Ibu Murniati, siap untuk bekerja keras, terus memperbaiki dan belajar banyak dari pengalaman-pengalaman mereka sendiri. Sampai akhirnya, mereka sendiri pun jadi ahli dalam sistem franchise ini.
Dengan dibukanya banyak outlet-outlet ES TELER 77, kebutuhan bahan-bahan baku ES TELER 77 pun meningkat. Peruhaan ini kemudian mendirikan satu dapur pusat beserta pusat distribusinya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Fasilitas di dapur sentral tersebut digunakan untuk membuat bahan-bahan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh outlet-outlet ES TELER 77. Pusat distribusi digunakan untuk menyimpan dan mengirim semua bahan-bahan tersebut ke outlet-outlet ES TELER 77 di seluruh Indonesia. Dengan fasilitas-fasilitas ini ES TELER 77 dapat menyediakan bahan-bahan kebutuhan dengan standar kualitas yang terbaik. Dapur sentral dan pusat distribusi yang pertama didirikan di Jakarta Barat pada tahun 1997 dan baru saja dipindahkan ke lokasi yang baru di Serpong, Tangerang dengan fasilitas yang lebih baik.
Saat ini outlet-outlet ES TELER 77 dapat ditemukan di pusat-pusat pertokoan di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Di negara lain pun ES TELER 77 sudah dibuka dengan sukses. Di kota Penang, Malaysia, kota Melbourne, Australia dan Singapore ES TELER 77 dibuka.
Meskipun menghadapi kompetisi yang ketat terutama dengan merek-merek fast-food asing ES TELER 77 terus berkembang karena ES TELER 77 memiliki tekad dan komitment untuk terus memberikan yang terbaik kepada pelanggannya.
Atas keberhasilannya ES TELER 77 telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain:
• 10 Nopember 2000 Enterprise 50 Award dari Andersen Consulting (sekarang Accenture) dan SWA majalah bisnis.
• 9 Februari 1999 Sukyatno Nugroho tercatat sebagai orang yang memecahkan Rekor Indonesia terbanyak di Indonesia oleh Museum Rekor Indonesia.
• 21 Desember 1998 Sukyatno Nugroho mendapatkan gelar Doktor (honoris causa) dari American World University, Iowa, USA, dengan thesis berjudul “Look Globally but Think and Act Locally”.
• 13 Oktober 1998 Penghargaan Parama Boga Nugraha dari Menteri Pangan dan Hortikultur Indonesia.
• 12 Februari 1998 “Recession Marketing of the Month Markplus Strategic Forum” dari MarkPlus.
• 26 Agustus 1995 Asean Best Executive 95-96 kepada Sukyatno Nugroho dan Yenny Setia Widjaja.
• 12 Juli 1995 Satya Lencana Pembangunan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia, Soeharto.(Sumber: esteler77.com)
Itulah perjuangan keras Sukyano Nugroho pencetus lahirnya waralaba Es Teler 77. Keberhasilan yang diperolehnya memang sangat wajar. Berbekal ketekunan, kerja keras, dan pantang menyerah yang tak pernah padam, akhirnya mengantarkan nama usahanya menjadi perusahaan yang sangat mudah diingat dan dikunjungi oleh konsumen loyalnya, Es Teler 77 yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman favorite Anda sekalian. Semoga dari kisah sejarah pengusaha sukses tersebut bisa memberikan masukan ide atau semangat baru bagi pembaca sekalian dan menambah semangat untuk memulai melakukan dari apa yang kita bisa, mulai dari sekarang untuk kelangsungan bisnis kita.
3. William Soeryadjaya
a.Biografi William Soeryadjaya
Nama :William Soeryadjaya
Tanggal Lahir :20 Desember 1922
Tempat Lahir :Majalengka, Jawa Barat,Indonesia
William Soeryadjaya adalah pendiri PT Astra Internasional, seorang pekerja keras, ulet dan pantang menyerah untuk membangun kerajaan bisnisnya. Nama aslinya adalah Tjia Kian Liong. William Soeryadjaya lahir di Majalengka, Jawa Barat, 20 Desember 1922. William telah menjadi yatim piatu pada usia 12 tahun. Menginjak usia 19 tahun, sekolahnya di MULO, Cirebon, putus di tengah jalan. Ia kemudian banting setir menjadi pedagang kertas di Cirebon. Beliau adalah salah satu warga keturunan Tionghoa yang sukses di Indonesia.
Selain berdagang kertas, William muda juga berdagang benang tenun di Majalaya. Tak begitu lama, ia beralih menjadi pedagang hasil bumi, seperti minyak kacang, beras, dan gula. “Dengan berdagang, saya dapat membantu kehidupan saudara-saudara saya,” ujar anak kedua dari lima bersaudara keluarga pedagang ini, suatu ketika. Dari perolehan hasil berdagang itu, William muda lalu melanjutkan studinya ke Belanda, dengan masuk ke Middlebare Vakschool V/d Leder & Schoen Industrie Waalwijk, sekolah industri yang mengajarkan penyamakan kulit. Begitu kembali ke Tanah Air tahun 1949, William mendirikan industri penyamakan kulit, yang kepengurusannya dia serahkan kepada seorang kawannya.
b. Sejarah & Perkembangan Pt Astra International Tbk
Tiga tahun kemudian, William mendirikan CV Sanggabuana, bergerak di bidang perdagangan dan ekspor-impor. Cuma cilakanya, dalam menggeluti bisnis ini, ia ditipu rekannya. “Saya rugi jutaan DM,” ujar William.
Lima tahun kemudian, atau tepatnya tahun 1957, bersama Drs Tjia Kian Tie, adiknya, dan Lim Peng Hong, kawannya, William mendirikan PT Astra Internasional Inc. Bisnis perusahaan barunya ini pada mulanya hanya bergerak dalam pemasaran minuman ringan merek Prem Club, lalu ditambah dengan mengekspor hasil bumi. Dalam perkembangan berikutnya, lahan garapan usaha astra meluas ke sektor otomotif, peralatan berat, peralatan kantor, perkayuan, dan sebagainya. Astra tumbuh bak “pohon rindang”, seperti yang ditamsilkan William sendiri.
Keberhasilan Astra ketika itu, diakui William, tidak terlepas berkat ada kebijaksanaan Pemerintah Orde Baru, yang memberi angin sejuk kepada dunia usaha untuk berkembang. Salah satu contohnya tahun 1968-1969, Astra diperkenankan memasok 800 kendaraan truk merek Chevrolet. Kebetulan, saat itu pemerintah sedang mengadakan program rehabilitasi besar-besaran. Saking banyaknya yang membutuhkan, kendaraan truk itu laris bak pisang goreng. Apalagi, ketika itu terjadi kenaikan kurs dollar, dari Rp 141 menjadi Rp 378 per dollar AS. “Bisa dibayangkan berapa keuntungan kami,” ujar Oom Willem, panggilan akrabnya, kala itu. Sejak itu pula Astra kerap ditunjuk sebagai rekanan pemerintah dalam menyediakan berbagai sarana pembangunan.
Dalam perjalanan selanjutnya, Astra tak hanya sebatas memasok, tetapi juga mulai merakit sendiri truk Chevrolet. Lalu, mengageni dan merakit alat besar, Komatsu, mobil Toyota, dan Daihatsu, sepeda motor Honda, dan mesin fotokopi Xerox. Yang berikutnya pula, akhirnya lahan usaha yang baru ini menjadi “mesin uang” dari PT Astra Internasional Inc.
Masih ada satu bisnis Astra yang lain, yaitu agrobisnis. Astra yang omzetnya pada tahun 1984 mencapai 1,5 miliar dollar AS masuk ke agrobisnis dengan membuka kawasan pertanian kelapa dan casava seluas 15.000 hektar di Lampung. Namun, bukanya tanpa alasan Astra masuk ke sektor agrobisnis. “Agrobisnis yang mengusahakan peningkatan produksi pada sektor pertanian itu merupakan gagasan pemerintah yang patut ditanggapi berbagai kalangan wirausahawan Indonesia,” kata William dalam ceramahnya di Universitas Katholik Parahyangan tahun 1984.
Pada tahun itu juga Astra membeli Summa Handelsbank Ag, Deulsdorf, Jerman. Pengelolaan bank yang tak ada kaitannya dengan bisnis Astra ini diserahkan kepada putra tertuanya, Edward Soeryadjaya, sarjana ekonomi lulusan Jerman Barat.
Di bank ini William mengantongi 60 persen saham yang dibagi rata dengan Edward. Cuma, sayangnya, Edward kurang berhati-hati dalam menjalankan roda usaha perbankan itu. Edward terlalu royal dalam mengumbar kredit. Akibatnya, tahun 1992 bank ini dilanda utang yang begitu besar dan untuk melunasinya, terpaksa William melepas kepemilikannya di Astra.
William pasrah. Ia selalu kembalikan kepada Tuhan. Ia selalu berpegang pada prinsip: Manusia berusaha, Tuhan menentukan. Yang paling penting baginya ketika itu adalah nasib para karyawan dan nasabah Bank Summa. Ia teramat sedih membayangkan pegawai sebanyak itu harus kehilangan mata pencahariannya. Oleh karenanya ia rela menjual saham-sahamnya di Astra guna memenuhi kewajiban Bank Summa.
Banyak spekulasi yang berkembang ketika Oom Willem terpaksa menjual sahamnya di Astra. Spekulasi yang banyak diyakini orang adalah adanya rekayasa pemerintah untuk menjatuhkan Oom Willem. Namun, Oom Willem sendiri tidak pernah merasa dikorbankan oleh sistem. Semua itu dianggapnya sebagai konsekuensi bisnis. Ia tidak mau larut dalam tekanan spekulasi dan keluhan. Melainkan ia pasrah dengan tulus kepada kehendak Tuhan. Dengan ketulusan itu pula, ia terus melangkah maju ke depan dengan pengharapan yang hidup. Dan, kini, salah satu kepeduliannya yang terbesar adalah bagaimana Astra dapat terus berperan sebagai agen pertumbuhan ekonomi nasional, yang antara lain dapat membuka lapangan kerja lebih luas.
Memang, membuka lapangan kerja, adalah salah satu impiannya yang tetap membara dari dulu hingga kini. Sebuah impian dan obsesi yang dilandasi kepeduliannya kepada sesama. “Salah satu hasrat saya dari dulu adalah membuka lapangan kerja,” katanya. Apalagi kondisi Indonesia saat ini, yang dilanda krisis ekonomi, yang berakibat bertambahnya pengangguran. Impian inilah yang mendorong Omm Wilem membeli 10 juta saham PT Mandiri Intifinance. Di sini, ia mengumpulkan dana untuk diinvestasikan ke dalam pengembangan usaha petani-petani kecil dan small and medium enterprises (usaha-usaha kecil dan menengah). Agar dapat menciptakan lapangan-lapangan kerja baru dan meningkatkan daya beli masyarakat, yang pada akhirnya akan mengangkat bangsa ini dari keterpurukan.
Namun, yang patut dipuji dari sikap William semasa kejayaannya di Astra adalah kepeduliannya terhadap rekannya, pengusaha kecil. Dalam suatu tulisannya di harian Suara Karya, “Peranan Pengusaha Besar Dalam Kerja Sama dengan Pengusaha Kecil demi Suksesnya Pelita IV”, mengetengahkan bentuk-bentuk kerja sama antara yang besar dan yang kecil. Misalnya, menjadikan perusahaan besar sebagai market dari perusahaan kecil dalam bentuk leadership dan menjadi perusahaan kecil sebagai bagian dari service network produk perusahaan besar.
Sikapnya yang lain, yang juga patut ditiru, adalah kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. William merelakan tanahnya di Cilandak, Jakarta Selatan, terjual dengan harga “miring” bagi pembangunan gedung Institut Prasetya Mulya, lembaga pendidikan yang dimaksudkan mencetak tenaga-tenaga manajer yang andal. Sejumlah konglomerat juga ikut membidani lembaga. William sendiri kala itu duduk sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina.
Sikap religiusnya pun merupakan salah satu contoh yang baik dalam menjalankan roda usahanya. Penganut Protestan yang teguh ini percaya betul bahwa keberhasilan yang diperolehnya , selain kerja kerasnya bersama semua karyawan, juga berkat rahmat dari Tuhan, bukan semata dari dirinya.
Semangatnya dalam menempuh bisnis pun patut dijadikan panutan. Kalau ia terjegal dalam kancah bisnis, itu bukanlah akhir dari perjalanan bisnisnya, melainkan justru awal dari kebangkitannya.
William Soeryadjaya, pendiri PT Astra Internasional Inc (sejak tahun 1990, Tbk), meninggal dunia hari Jumat (2/4/2010) pukul 22.43 di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan. William sebelumnya beberapa kali dirawat karena sakit. Terakhir, ia dirawat tanggal 10 Maret dan sejak hari Kamis (1/4/2010) dirawat di unit rawat intensif (ICU). Jenazah disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, hingga Senin (5/4/2010).
William yang lahir di Majalengka, Jawa Barat, 20 Desember 1922, adalah pribadi yang rendah hati dan bersahaja. Keberhasilannya membangun Astra Internasional tidak pernah diklaim sebagai keberhasilan dirinya. Ketika ditanya mengenai keberhasilannya, ia mengatakan, ”Keberhasilan Astra berkat kerja keras semua karyawan dan rahmat Tuhan, bukan karena keberhasilan saya pribadi.”
William juga seorang visioner yang seakan mengerti ke mana bisnis akan bergerak. Ia juga adalah salah satu pelopor modernisasi industri otomotif nasional. Ia membangun jaringan bisnis dengan core product di sektor otomotif. Namun, memang, pertumbuhan bisnisnya tidak pernah lepas dari campur tangan pemerintah.Keberhasilannya dalam berbisnis menjadikan ia menduduki banyak jabatan penting di sejumlah perusahaan, terutama yang berbasis otomotif. Beliau menjadi warga keturunan cina yang menduduki posisi puncak perusahaan.
William menjadi orang pertama Asia yang menjadi anggota Dewan Penyantun The Asia Societyyang didirikan John D Rockefeller III di New York, AS, tahun 1956. Ia menarik diri dari dunia bisnis tahun 1992 ketika Bank Summa milik anaknya, Edward, kolaps dan harus dilikuidasi sehingga memaksanya melepas 100 juta lembar saham Astra Internasional guna melunasi kewajibannya. Beliau meninggal pada usia 78 tahun tepatnya hari Jumat (2/4/2010).
4. William Tanuwijaya & Leontinus Alpha Edison
William Tanuwijaya, pendiri sekaligus CEO Tokopedia
a. Biografi William Tanuwijaya
Nama : William Tanuwijaya
Tempat Kelahiran : Pematang Siantar, Sumatra Utara, Indonesia
Tanggal Lahir : 17 November 1981
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika Universitas Bina Nusantara
Leontinus Alpha Edison, pendiri sekaligus CTO Tokopedia
b. Biografi Leontinus Alpha Edison
Nama : Leontinus Alpha Edison
Tempat Kelahiran : Pontianak
Tanggal Lahir : 19 Maret 1981
Pendidikan Terakhir : S1 Teknik Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta
c. Sejarah Perkembangan Tokopedia
Tokopedia.com resmi diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada 6 Februari 2009. Sejak resmi diluncurkan, PT Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan internet Indonesia dengan pertumbuhan yang sangat pesat.
PT Tokopedia mendapatkan seed funding (pendanaan awal) dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Kemudian pada tahun-tahun berikutnya, Tokopedia kembali mendapatkan suntikan dana dari pemodal ventura global seperti East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), and SoftBank Ventures Korea (2013). Hingga pada Oktober 2014, Tokopedia berhasil mencetak sejarah sebagai perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara, yang menerima investasi sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan SoftBank Internet and Media Inc (SIMI).
Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor E-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc tanggal 11 Desember 2014.
Sejak peluncurannya yang pertama kali pada pada tahun 2009, Tokopedia tegas memantapkan dirinya sebagai salah satu pemimpin e-commerce di Indonesia. Hal itu ditunjukkan dari data statistik bahwa Tokopedia selalu dikunjungi oleh 10 juta pengguna internet setiap bulan. Banyak sekali pengguna internet di Indonesia yang mengunjungi situs Tokopedia untuk mencari informasi seputar jual beli produk. Bukan hanya calon pembeli yang mencari barang kebutuhannya saja, tetapi juga para penjual yang mencoba memasarkan barang dagangannya baik yang stock lama ataupun terbaru. Tak hanya itu saja, sepanjang empat tahun beroperasi, telah terjadi transaksi jual beli sebanyak 24 juta kali di situs Tokopedia. Dan nilai transaksi yang terjadi dalam setahun bisa mencapai puluhan miliar dalam setiap hari. Hal inilah yang membuat situs Tokopedia menjadi salah satu situs belanja online terbesar dan terpercaya di Indonesia.
Pencarian Nama Tokopedia
Sejak kemunculannya yang pertama kali di Indonesia pada akhir tahun 2000-an, internet seolah-olah sudah menjadi sebuah tempat bagi masa depan semua pihak. Bukan hanya secara personal, tapi juga masa depan sebuah institusi pemerintahan ataupun perusahaan. Benar saja, banyak sekali pihak-pihak yang memulai mengembangkan potensi yang dimiliki melalui internet. Hal ini dikarenakan, internet dinilai bisa memangkas berbagai hal yang dibutuhkan oleh seseorang maupun perusahaan. Tak terkecuali oleh perusahaan sekelas Tokopedia yang memulai usahanya pertama kali sejak tahun 2009. Sejak kemunculannya yang pertama kali, Tokopedia berusaha untuk menjadi sebuah wadah bagi seseorang maupun komunitas atau bahkan perusahaan untuk bertransaksi secara online. Pasalnya, di tahun-tahun tersebut, transaksi jual-beli secara online di Indonesia sedang ramai digunakan oleh banyak orang.
Sang pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya, sebelum mendirikan Tokopedia ternyata juga seseorang yang bekerja untuk sebuah perusahaan e-commerce dan menjabat sebagai Super Moderator. Hampir setiap hari, dirinya tentu bersinggungan dengan transaksi jual-beli secara online yang dilakukan oleh pengguna dari segala penjuru Indonesia. Hanya saja, pada saat itu ternyata dirinya mendapat keluhan dari pengguna karena telah tertipu oleh transaksi jual-beli yang dilakukan sejumlah pengguna lainnya. Namun, Willliam yang saat itu menjabat sebagai seorang moderator tentu tidak bisa berbuat banyak. Dirinya pada saat itu hanya bisa memberikan nasihat kepada pengguna yang mengeluh kepadanya agar lain kali lebih berhati-hati saat bertransaksi jual-beli. Pasalnya, pada saat itu tidak terdapat aturan yang mengikat agar seseorang dapat melakukan transaksi jual-beli secara online. Melihat kenyataan seperti itu, tentu melecut semangat seorang William untuk membuat sebuah website yang dapat digunakan untuk bertransaksi jual-beli secara aman sehingga tidak membuat rugi banyak pihak.
William pada saat itu benar-benar serius ingin mendirikan sebuah perusahaan internet yang dapat menaungi para penjual dan pembeli agar dapat bertransaksi online secara aman. Oleh karena itu, dirinya pun mulai terpikirkan untuk membuat sebuah website e-commerce dengan nama belanjaaman.com yang diasumsikan sebagai sebuah wadah untuk dapat bertransaksi secara online. Nantinya, para penjual yang ingin menjajakan barang dagangannya akan mendapat sebuah akun yang namanya akan terikat dengan domain belanjaaman.com sebagai justifikasi bahwa penjualnya memang seorang yang terpercaya. Seandainya saja Anda memiliki produk bernama “buku oke” maka akun yang didapat nantinya adalah bukuoke.belanjaaman.com dan terverfirikasi sebagai penjual yang dapat dipercaya. Tapi, dalam prosesnya, ternyata nama tersebut dianggap kurang menjual oleh Leontinus Alpha Edison (Leon, sapaan akrab) yang merupakan partner bisnis William dalam mendirikan Tokopedia.
Beberapa kali William mencoba untuk menemukan nama yang tepat dan mudah diingat untuk website e-commerce yang akan dikembangkan. Tak disangka, William pun kembali mendapatkan nama yang cukup unik dan persis dengan angkutan umum yang sudah sangat terkenal di Jakarta, yakni “kopaja” yang merupakan singkatan dari toko apa saja. Alih-alih ide tersebut akan segera diterima untuk nama website yang akan digunakan, Leon justru dengan sigap menenangkan William untuk pemilihan nama yang baru saja diajukannya tersebut. Leon pun menjelaskan bahwa kopaja adalah nama sebuah Koperasi Angkutan Jakarta yang disingkat dengan nama kopaja dan merupakan angkutan umum yang sudah dikenal oleh banyak orang. Bahkan, kopaja.com statusnya juga sudah terverifikasi sehingga jika tetap menggunakannya justru mereka dapat dituntut balik karena telah menggunakan yang sama. Entah apa yang ada dibenak seorang William, dirinya sangat ingin sekali segera memiliki perusahaan website yang namanya cukup mudah diingat. Dan dirinya tetap tidak berhenti dengan usahanya untuk mencari nama perusahaan website yang akan dikelolanya tersebut. Pencarian nama tersebut tidak hanya dilakukannya pada serius seperti saat meeting dengan Leon saja, tetapi juga pada saat yang tidak penting sekalipun dirinya tetap berusaha untuk mencari nama yang tepat. Bayangkan saja, ketika dirinya sedang BAB (Buang Air Besar) sekalipun, William tetap berusaha untuk mencari nama website yang tepat. Suatu ketika, dirinya pun harus pergi ke suatu tempat dengan menggunakan ojek langganannya karena menurut William ojek adalah angkutan yang tepat untuk menyusuri jalan di ibukota yang terkenal sangat macet. Pada saat di perjalanan itulah, terbesit ide oleh William bahwa dirinya ingin menjadikan website miliknya nanti sebagai tempat untuk mencari berbagai macam barang yang dibutuhkan layaknya sebuah ensiklopedia yang memberikan banyak sekali informasi bagi para pembacanya. Akhirnya, William mencoba untuk menggabungkan kata toko dan ensiklopedia menjadi sebuah nama Tokopedia sebagai pilihannya. Setelah dilakukan verifikasi, ternyata masih belum ada yang menggunakan nama Tokopedia baik untuk .com, .org, .net maupun .info sebagai alamat website. Walaupun belum sepenuhnya diterima oleh Leon karena namanya mirip dengan Wikipedia yang sudah sangat dikenal banyak orang tapi William mencoba untuk menyelamatkan nama tokopedia.com agar tidak digunakan oleh orang lain sembari mencoba mencari nama yang lainnya.
Tidak Pernah Mendapat Blacklist
Tokopedia diklasifikasikan sebagai salah satu perusahaan portal web yang tidak diblokir dari investasi asing. Artinya, Tokopedia memiliki reputasi yang sangat bagus di mata investor asing yang akan menanamkan modalnya. Salah satu kelebihan Tokopedia yang tidak dimiliki oleh situs belanja online lainnya adalah setiap pembeli bisa mencari produk-produk yang berkualitas sesuai dengan kebutuhannya dimana tidak didapatkan di situs online lainnya. Selain itu, transaksi yang dilakukan di Tokopedia antara penjual dan pembeli dilakukan secara aman sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.
Berawal dari reputasi yang sangat baik inilah, Tokopedia pun akhirnya mendapat kepercayaan dari perusahaan asing untuk menginvestasikan sejumlah dananya. Tidak tanggung-tanggung, Tokopedia baru saja mendapat suntikan dana dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital sebesar 100 juta USD atau setara dengan 1,2 triliun rupiah. Padahal, ada banyak sekali perusahaan internet di Indonesia yang sudah berkembang lebih dulu, tapi masih belum mampu mencapai apa yang dilakukan oleh Tokopedia. Sebut saja, Kaskus dimana portal website ini merupakan satu-satunya portal dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia yang hanya mendapat investasi sebesar 600 miliar rupiah. Tokopedia juga mengalahkan nilai transaksi detik.com yang merupakan pelopor media online terbesar di Tanah Air ketika dibeli oleh Chaerul Tanjung melalui CT Corp dengan nilai sama yakni 600 miliar rupiah. Investasi kedua perusahaan asing ke Tokopedia mencetak rekor investasi terbesar di Indonesia dan juga di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, pendanaan ini juga sempat mengalahkan investasi yang baru saja diterima GrabTaxi, perusahaan asal Malaysia yang sempat mendapat dana sebesar bernilai 65 juta USD. Pasalnya, pada pertengahan bulan Desember 2014 yang lalu, GrabTaxi ternyata kembali mendapatkan pendanaan hingga mencapai 250 juta USD atau setara dengan 3 triliun rupiah. Hal ini juga menunjukkan bahwa negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga memiliki potensi yang cukup besar untuk berbisnis online.
Tokopedia memang bukanlah sebuah perusahaan e-commerce seperti kebanyakan perusahaan lainnya. Tokopedia adalah sebuah perusahaan internet, yang membantu orang lain melakukan transaksi online dengan mudah dan aman. Dirinya selalu berkeinginan untuk membangun sebuah platform jual-beli dimana kedepan nantinya transaksi jual-beli secara online akan berkembang dengan pesat dalam jangka waktu yang sangat panjang. Oleh karena itu, Tokopedia tentu saja membutuhkan partner untuk jangka waktu yang cukup panjang yang dapat mengerti dalam perjalanan sebuah bisnis perusahaan internet. Selain itu, alasan lain dibalik kenapa Tokopedia juga menerima sebuah tawaran kerja sama dari SoftBank Internet and Media dan Sequoia Capital adalah kedua perusahaan ini mencatatkan diri sebagai perusahaan yang juga mendanai sejumlah perusahaan besar seperti Apple, CISCO, Oracle, Yahoo, Google, Linkedin, Youtube, WhatsApp, dan Instagram. Hal itu menunjukkan bahwa perusahaan yang menginvestasikan dananya memang tepat dipilih untuk bekerja sama dengan Tokopedia. Tokopedia juga ingin membangun sebuah produk yang dapat membawa banyak manfaat positif ke masyarakat. Diantaranya adalah dengan menciptakan kesempatan dan lapangan pekerjaan baru. Tokopedia ingin bekerja sama dengan tim yang telah menyaksikan evolusi dari perusahaan teknologi terdepan di dunia, baik di masa indah dan masa buruknya. Dirinya ingin bermitra dengan institusi yang dapat menggali potensi terbaik dari para entrepreneurs yang sedang mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu, dengan babak baru ini, Tokopedia akan memiliki sumber daya yang cukup untuk membentuk tim terbaik. Tokopedia akan mengembangkan teknologi kelas dunia untuk membantu para juragan (pedagang dan pembeli) dan memberikan pengalaman yang terbaik dalam bertransaksi. Tokopedia akan selalu memprioritaskan pengguna, dan fokus agar para pengguna lebih sukses dalam berbisnis. Hal tersebut tentu menjadi bagian paling penting dari model bisnis Tokopedia.
Jenis Produk
• Pakaian
• Fashion & Aksesoris
• Kecantikan
• Kesehatan
• Rumah Tangga
• Dapur
• Perawatan Bayi
• Handphone & Tablet
• Laptop & Aksesoris
• Komputer & Aksesoris
• Elektronik
• Kamera, Foto & Video
• Otomotif
• Olahraga
• Office & Stationery
• Souvenir, Kado & Hadiah
• Mainan & Hobi
• Makanan & Minuman
• Buku
• Software
• Film, Musik & Game
Pendidikan Adalah yang Utama
William mengatakan, sejak mendapat suntikan dana dalam jumlah yang sangat besar, Tokopedia pun mendadak menjadi kiblat sebuah perusahaan internet di Indonesia. Dirinya pun tidak menyangka bahwa perusahaan yang didirikannya beberapa tahun lalu bersama Leon tersebut akan menjadi sebuah perusahaan besar bahkan melampaui sejumlah perusahaan besar yang sudah berdiri lebih dulu. Dari sisi traffic, Tokopedia merupakan online marketplace (pasar online yang memfasilitasi transaksi online) dengan traffic paling tinggi. Bahkan, Tokopedia mampu menandingi gempuran online marketplace asing yang ada di Indonesia seperti multiply, qoo10 dan juga rakuten.
5. Donny Pramono
a. Biografi Donny Pramono
Nama : Donny Pramono
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : 30 Desember 1981
Pendidikan Terakhir : M.B.A, Marketing, University of La Verne
Donny Pramono, salah satu pengusaha sukses yang membuka bisnis Sour Sally Frozen Yogurt. Dengan inovasinya yang kreatif dan unik inilah Donny sanggup untuk memperoleh keuntungan yang luar biasa dan mampu mempopulerkan bisnisnya secara meluas dalam skala lokal. Sour Sally sendiri hadir dengan tema gaya hidup yang dinamis. Hal ini tentunya menggambarkan sosok Donny Pramono yang terkenal teguh dan selalu bersemangat dalam menjalankan bisnisnya tersebut. Perjuangannya dalam mendirikan Sour Sally Frozen Yogurt ternyata mampu berjalan dengan baik dan kini banyak orang yang mengenalnya.
b. Sejarah & Perkembangan Sour Sally
Inspirasi Bisnis Donny Pramono
Sebenarnya dari mana beliau memperoleh inspirasi terhadap bisnisnya yang satu ini? Hal ini didapatkannya ketika dia sedang berada di Amerika untuk melanjutkan jenjang pendidikan S2. Saat di Amerika, Donny Pramono gemar memakan frozen yogurt karena rasanya yang nikmat dan lezat. Ini jugalah yang kemudian menjadi acuan bagi dirinya untuk meneliti lebih detail lagi mengenai cara pembuatan yogurt tersebut beserta bagaimana caranya sebuah frozen yogurt dapat menghasilkan sebuah rasa yang sangat lezat dan luar biasa. Penelitian yang dilakukannya tersebut juga mendapatkan dorongan dari sang bunda tercinta, yang tidak pernah berhenti dalam menyemangati sang anak. Hasilnya, Donny Pramono berhasil membuat sebuah yogurt yang sempurna dan sehat! Bahkan Sour Sally Frozen Yogurt yang dibuatnya juga tidak mengandung lemak sama sekali.
Kepopuleran Sour Sally Frozen Yogurt Saat Ini
Insting bisnis yang dimiliki oleh beliau memang sangat tinggi. Beliau tidak hanya membuat sebuah produk yang bagus dan menyehatkan untuk semua kalangan, namun Donny Pramono juga berusaha untuk membuat produk inovasi terbaru yang tidak pernah ada sebelumnya. Dari sini bisa dilihat betapa kreatifnya orang-orang Indonesia dalam menciptakan sesuatu. Kemudian Donny juga mulai menambahkan fitur terbaru di yogurt yang dia buat, yakni adanya tambahan topping fresh fruit untuk semakin memberikan efek kesegaran pada yogurt itu sendiri.
Usai mempatenkaan brand Sour Sally Frozen Yogurt, Donny Pramono langsung membawa bisnisnya ini ke Indonesia dan masyarakat ternyata banyak yang menyambutnya dengan antusias. Tepat pada tanggal 15 Mei 2008, lahirlah sebuah Sour Sally Boutique yang berdiri pertama kali di Senayan City. Makanan ringan ini ternyata banyak sekali penggemarnya, dan tidak hanya kalangan muda saja yang suka membelinya tapi juga kalangan dewasa. Mereka menganggap bahwa Yogurt adalah sebuah makanan yang menyehatkan dan lezat untuk disantap sebagai snack. Permintaan yang datang kepada Donny Pramono pun makin bertambah. Inilah yang menyebabkan beliau memutuskan untuk membuka outletnya di beberapa mall lainnya yang ada di Indonesia.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari beberapa dampak positif kewirausahaan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan secara umum meningkatkan harkat dan martabat pribadi wirausahawan serta bangsa dan negara. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan akan semakin banyak warga negara Indonesia khususnya mahasiswa yang terjun dalam dunia usaha. Dan yang terpenting adalah jiwa seorang wirausahawan selain bias menjalankan bisnisnya ,ia harus mampu untuk bersikap bijak dan berani mengambil resiko dari keputusan yang dia ambil,serta tidak mdah pantang menyerah,selalu bangkit walaupun beberapa kali mengalami hambatan dan masalah.
DAFTAR PUSTAKA
Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.
BalasHapusSaya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.
Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.
Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
BalasHapusNama saya Nadia Sisworo dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang ibu Rossa Stanley Favor perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya manis.
Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya.
Dan saat itulah hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tetapi ketika saya pikir hidup saya sudah berakhir, saya benar-benar mencoba bunuh diri, saat itulah ALLAH menggunakan teman saya dan Neighbor Annisa Berkarya yang sekarang pindah ke Singapura, dia membantu saya menghubungi ibu Rossa Stanley yang katanya seorang teman dari India menghubungkannya dengan ibu Rossa, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen saya yang saya ajukan dan sebelum saya mengetahuinya permintaan pinjaman saya untuk Rp120.000.000,00 disetujui, sebelum itu saya telah mencoba tiga perusahaan pinjaman online yang berbeda tetapi tidak ada bantuan positif, tetapi ibu rossa Stanley melalui perusahaan pinjamannya ROSSATANLEYLOANCOMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan bahwa sampai saya mati saya akan terus membagikan kisah ini sehingga sesama warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, jangan hubungi pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita pinjaman palsu, Setelah itu proses persetujuan kredit selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan rincian bank saya. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta. mother rossa stanley adalah satu-satunya pemberi pinjaman nyata, tulus dan tulus di seluruh dunia sehingga jangan ragu untuk menghubungi ibu Rossa Stanely di saluran ini
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM
HANYA TEKS MEREKA +12133153118
Ini adalah kesaksian saya dan dapat diverifikasi dengan detail akun saya yang di bawah ini jika Anda ragu
itulah bagaimana hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah situasi saya.
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: nadiasisworo@gmail.com
Dan di bawah ini adalah detail akun saya yang dikreditkan dengan pinjaman dari rossastanleyloancompany,
Alamat bank: Cabang Jatinegara Jakarta Timur
Nama akun: Nadia Sisworo
Nomor akun: 0504482516
Nama Bank: Bank Negara Indonesia (BNI)
Saya ingin memulai dengan bersyukur kepada Tuhan atas karunia kehidupan.
BalasHapusNama saya Nadia Sisworo dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang ibu Rossa Stanley Favor perusahaan yang layak secara finansial yang membuat hidup saya manis.
Saya telah mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap untuk membayar mereka kembali setelah menerima gaji saya.
Dan saat itulah hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
Tetapi ketika saya pikir hidup saya sudah berakhir, saya benar-benar mencoba bunuh diri, saat itulah ALLAH menggunakan teman saya dan Neighbor Annisa Berkarya yang sekarang pindah ke Singapura, dia membantu saya menghubungi ibu Rossa Stanley yang katanya seorang teman dari India menghubungkannya dengan ibu Rossa, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen saya yang saya ajukan dan sebelum saya mengetahuinya permintaan pinjaman saya untuk Rp120.000.000,00 disetujui, sebelum itu saya telah mencoba tiga perusahaan pinjaman online yang berbeda tetapi tidak ada bantuan positif, tetapi ibu rossa Stanley melalui perusahaan pinjamannya ROSSATANLEYLOANCOMPANY mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan bahwa sampai saya mati saya akan terus membagikan kisah ini sehingga sesama warga negara saya dapat memperoleh manfaat darinya, jangan hubungi pemberi pinjaman palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita pinjaman palsu, Setelah itu proses persetujuan kredit selesai dan saya menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyatakan bahwa saya harus memberikan rincian bank saya. Saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening bank saya dikreditkan dengan jumlah pinjaman yang saya minta. mother rossa stanley adalah satu-satunya pemberi pinjaman nyata, tulus dan tulus di seluruh dunia sehingga jangan ragu untuk menghubungi ibu Rossa Stanely di saluran ini
ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM
HANYA TEKS MEREKA +12133153118
Ini adalah kesaksian saya dan dapat diverifikasi dengan detail akun saya yang di bawah ini jika Anda ragu
itulah bagaimana hidup saya berubah dan saya akan terus berbagi berita sehingga semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan yang baik yang mengubah situasi saya.
Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: nadiasisworo@gmail.com
Dan di bawah ini adalah detail akun saya yang dikreditkan dengan pinjaman dari rossastanleyloancompany,
Alamat bank: Cabang Jatinegara Jakarta Timur
Nama akun: Nadia Sisworo
Nomor akun: 0504482516
Nama Bank: Bank Negara Indonesia (BNI)
Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.
BalasHapusDetail Kontak Penuh:
Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
: {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}
TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik
BalasHapusSetelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.
Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.
Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.
Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.
Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda
Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke
Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut via email saya: nurliananovi96@gmail.com
Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
BalasHapusAnda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.
Nama saya, jayachandra fadhlan
BalasHapusdari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan mode. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya Whatsapp +15857083478 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.
selamat hari untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA
BalasHapusSetelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.
Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA
Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapat pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.
Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya meminta siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.
semua berkat mrs karina roland
BalasHapusNama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir merenggut nyawaku, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik perusahaan pinjaman roland karina, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat bertemu dengan syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com